Minggu, 22 Januari 2017

New Megapro Karbu dan Aku

Gue punya motor, merknya Honda, tipenya New Megapro keluaran tahun 2011. Gue make motor ini belum lama sih, baru 9 bulanan. Tadinya yang pake itu bokap gue, cuman bokap gue gak mau pake motornya lagi, kayaknya sih gara-gara GGR (Gede gede ribet) wkwkwk. Ya begini deh, motor ini enak banget buat touring dan perjalanan jarak jauh, tetapi buat beli martabak kok susah banget ya? Karena seperti motor laki pada umumnya, tangan kiri kita harus selalu aktif mainin kopling, bagasi gak ada, gantungan juga gak ada. Jadi aja ribet wkwkwk

di bawah jok gak ada bagasi sama sekali

kalo mau jalan tangan kiri harus aktif mainin kopling :(

Cuman, bagi gue seorang cowo SMA 17 tahun, naik motor ginian itu sebuah kenikmatan tersendiri, lebih keliatan gagah gitu loh ;). Posisi badan tegak, posisi tangan juga lebih tinggi daripada motor bebak/motor matic. Iya sih gue pun ngerasa motor ini ribet banget, belum lagi borosnya Megapro (ini sih gara gara guenya aja yang terlalu napsu gaspol karena tenaga motornya emang lumayaan) cuman ya tetep ada kelebihan bawa motor ini (gue jelasin nanti) dan cukup worth it lah buat ngalahin semua kekuranganya.

Kalo ada yang penasaran dan pengen tau spesifikasinya kayak apa, ini gue lengkapi disini yak:
Spesifikasi Honda New MegaPro
  • Tipe mesin  : 4 Langkah SOHC
  • Sistem pendinginan  : Pendinginan udara
  • Diameter x langkah  : 57,3 x 57,8 mm
  • Volume langkah  : 149,2 cc
  • Perbandingan kompresi  : 9,5 : 1
  • Daya maksimum  : 13,7 PS/8.500 rpm
  • Torsi maksimum  : 1,31 kgf.m / 6.500 RPM
  • Kopling  : Manual, Multiplate Wet Clutch
  • Starter : Pedal dan starter elektrik
  • Busi  : NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
  • Rangka : Pola Berlian (diamond steel)
  • Suspensi depan : Teleskopik
  • Suspensi belakang : Tunggal (monoshock) dapat disetel keras dan lembut
  • Ukuran Ban depan : 80/100 – 17 M/C 46P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
  • Ukuran Ban Belakang : 100/80 – 17 M/C 55P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
  • Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston ganda
  • Rem belakang  : Tromol (Tipe Spoke), Cakram hidrolik dengan piston tunggal (tipe CW)
  • Dimensi (P x L x T): 2.050 x 757 x 1.075 mm
  • Jarak sumbu Roda: 1.313 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 152 mm
  • Berat kosong: 136 kg (tipe spoke)/134 kg (tipe cw)
  • Kapasitas tangki bahan bakar:12,2 liter
  • Kapasitas Minyak Pelumas Mesin:1 liter pada penggantian periodik
  • Transmisi: 5 kecepatan
  • Pola pengoperan gigi: 1-N-2-3-4-5
  • Aki : MF battery, 12 V – 5 A.h
  • Sistem pengapian : DC – CDI Digital

Salah satu hal lain yang membuat gue resah dengan motor ini adalah, kalo ada jalan yang becek, kaki lo bakalan becek borrr. Spakbor ban depan sih ada, iya tugasnya adalah buat menghadang air-air yang bakal kena tubuh lo. Tapi ini masalahnya spakbornya itu gak berfungsi 100% alias lo bakal tetep kecipratan air.
Spakbor yang tidak bisa menahan cipratan kena kaki pengendara

Meskipun begitu , kelebihannya juga ada doong, yang gue suka banget itu suspensinya empuk bro! Kalo lo pengguna motor di Jakarta lo pasti tau gimana kampretnya keadaan jalanan Jakarta. Jalanan bolong sana sini, berasa jerawat aje benjol benjol. Ude gitu kalo jalanan di perkampungan Jakarta itu biasanya dilengkapi dengan fitur yang sangat atraktif yang setara dengan The Force-nya Star Wars! IYA BRO THE FORCE!

ALIAS POLISI TIDUR! (jeglukan)

 Nah emang dibutuhkan suspensi yang nyaman buat menghadapi The Force  ala ala Jakarta nyong nyong, dan Megapro ini sangat mumpuni membantu tulang punggung gue menghadapi jeglukan-jeglukan yang ada di Jakarta. O iya kalo lo mau tau lagi, jeglukan itu sering dibikin tinggi banget sampe ngebaretin bagian bawah kendaraan! Parah gan!

Bagian lain dari Megapro yang gue suka adalah tenaganya. Yak di atas tadi gue juga udah sebutin mengenai tenaganya ini. Bro kenceng wkwkwk! Gue bisa nyalip sana sini dengan elok karena tenaganya ini. Ya meskipun dari tenaganya dihasilkan kekurangan, yaitu boros. YAAA GAPAPAA wkwkwk


Dengan semua kelebihan dan kekurangannya New Megapro Karbu, gue tetep seneng ngendarain motor ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Form Pemesanan Paket Wisata Lombok

          Selamat Datang kembali di Blog terbaik abad ke- 22!           Silakan Bagi yang berminat untuk mengikuti tour ke Lombok bersama ka...